Selamat Datang di PT Pertamina Bina Medika

Telepon : (021) 7219031 / (021) 7219299
   Email : info@pertamedika.co.id

Profil PERTAMEDIKA-IHC

Danny Amrul Ichdan

Pertamedika IHC, operator group rumah sakit BUMN berpengalaman dalam mengelola rumah sakit modern dengan standar pelayanan terakreditasi KARS, Pertamedika IHC Group memberikan pelayanan komprehensif dan terpadu. Dengan dukungan professional medis, perawatan dan penunjang medis yang berkompeten dan peralatan medis terkini.

Healtcare Corporation dari RS BUMN Indonesia dengan jaringan lini BUMN yang kuat, yang secara berkelanjutan memperkuat integrasi manajemen pelayanan dan mengembangkan kemitraan baik nasional dan internasional

Danny Amrul Ichdan

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat datang di Website Pertamedika.

Seiring dengan perkembangan industri kesehatan dan untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan yang optimal bagi masyarakat, PT. Pertamina Bina Medika sebagai Anak Perusahaan Pertamina yang bergerak dibidang industri jasa layanan kesehatan akan terus mengembangkan usaha di seluruh aspek bisnis industri layanan kesehatan.

Kami memiliki 14 rumah sakit dan 25 poliklinik yang tersebar di seluruh Indonesia. Dilengkapi dengan pelayanan kesehatan berbasis Managed Care yang dikelola oleh MPPK (Manajemen Pemeliharaan Pelayanan Kesehatan). Jaringan rujukan pasien MPPK bekerja sama dengan 120 RS yang tersebar di seluruh Indonesia.

Kami senantiasa berupaya memberikan layanan kesehatan paripurna yang bersifat promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif bagi pekerja, keluarga dan pensiunan Pertamina, perusahaan perminyakan, swasta, BUMN dan masyarakat umum.

Dengan visi kami, menjadi korporasi bisnis kesehatan terdepan dan terpercaya yang memiliki keunggulan bersaing berkelanjutan di pasar domestik dan pasar global, kami selalu menjunjung keselamatan pasien (patient safety) dan kepuasan pelanggan (costumer satisfaction) melalui pelayanan PRIMA (Profesional, Ramah, Ikhlas, bermutu & Antusias) yang diberikan oleh tenaga medis, perawatan, penunjang medis & non medis yang berpengalaman, handal dan terpercaya.

Dengan ditunjang sistem, budaya dan organisasi yang fokus kepada pelanggan termasuk didalamnya akreditasi, ISO dan JCI akan semakin mewujudkan jaminan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan sebagai pemangku kepentingan utama kami dan menjadikan layanan seluruh RS di PERTAMEDIKA tetap selangkah di depan kebutuhan pelanggan yang terus berkembang. Disamping itu melalui upaya service excellent menjadikan PERTAMEDIKA semakin tumbuh dan berkembang menjadi World Healtcare Company di Indonesia yang menjadi pilihan masyarakat.

PERTAMEDIKA juga memiliki berbagai produk layanan seperti Pelayanan berbasis managed care yang dikelola MPPK (Managemen Pengelolaan Pelayanan Kesehatan), Evakuasi Medis, Klinik on Site, Pelatihan & sertifikasi medis, klinik mitra, pengelolaan CSR kesehatan serta KSO (Kerja Sama Operasi) pengelolaan RS yang merupakan diversifikasi produk bisnis PERTAMEDIKA dalam industri jasa layanan kesehatan.

Akhirnya atas nama Direksi dan perusahaan, kami persembahkan web site Pertamedika ini. Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan, mitra, pelanggan, masyarakat, dan semua pihak yang menggunakan fasilitas Web site ini.

Wassalamualaikum Wr. Wb.


Direktur Utama PT Pertamina Bina Medika IHC
Dr.dr. Fathema Djan Rachmat, Sp.B, Sp.BTKV (K), MPH


Rumah Sakit Pertamina didirikan pada tahun 1967 atas gagasan Dr. Ibnu Soetowo yang saat itu menjabat sebagai Direktur Utama Pertamina. Rumah Sakit tersebut kemudian diresmikan pada tahun 1972 oleh Presiden RI saat itu yaitu Jenderal Soeharto. Pada awal pendiriannya, Rumah Sakit Pertamina hanya dikhususkan untuk melayani perawatan dan pengobatan kesehatan pekerja Pertamina dan keluarganya. Namun, diawali dari komitmen untuk kembali kepada kegiatan inti, berupa pengelolaan sumber daya minyak dan gas bumi, maka Pertamina melepaskan kegiatan-kegiatan yang tidak secara langsung berhubungan dengan core business. Oleh karena itu, pada tahun 1997 Rumah Sakit Pertamina kemudian menjadi Anak Perusahaan Pertamina dalam bentuk Perseroan Terbatas dengan nama PT RSPP. PT RSPP dinyatakan operasional pada tanggal 1 April 1999 dan tidak lagi hanya melayani perawatan dan pengobatan kesehatan pekerja Pertamina dan keluarganya, tetapi juga melayani masyarakat umum. PT RSPP beroperasi saat itu dengan 6 unit usaha, yaitu RSPP, RSP Jaya, RSP Balikpapan, RSP Cirebon, RSP Tanjung, dan RSP Prabumulih. Selain itu, PT RSPP juga memiliki Akademi Keperawatan (Akper).

Kemudian di tahun 2002, PT RSPP diubah namanya menjadi PT Pertamina Bina Medika, atau yang saat ini lebih dikenal dengan nama “Pertamedika”. Sejak tahun 2002 Pertamedika terus mengembangkan usahanya di bidang layanan kesehatan. Tahun 2006, Pertamedika membentuk unit usaha baru yaitu Pertamedika Hospital Tarakan (PHT). RS ini dibentuk sendiri oleh Pertamedika dan bukan alih kelola RS Pertamina.

Menindaklanjuti arahan Pemegang Saham pada RUPS Tahunan Pertamedika tahun 2008, dimana seluruh RS Pertamina yang masih dikelola oleh PT Pertamina (Persero) akan dialihkelolakan kepada Pertamedika. Hal ini mulai terwujud sejak tahun 2010 dengan dialihkelolakannya RS Pertamina Sorong dan alih kelola RS Pertamina Plaju, RS Pertamina Pangkalan Brandan di tahun 2011. Selain itu, di tahun 2011 Pertamedika juga mengembangkan bisninya melalui Kerjasama Operasi (KSO) Pengelolaan RS dengan pihak swasta yaitu dengan PT Bintang Amin Husada untuk mengelola RS Pertamina-Bintang Amin yang berlokasi di Lampung, dilanjutkan dengan KSO RS dengan PT Baiturrahim untuk mengelola RS Baiturrahim yang berlokasi di Jambi dan KSO RS dengan PT Rosnati untuk mengelola RS Pertamedika Ummi Rosnati yang berlokasi di Aceh.

Sejalan dengan program pemerintah Republik Indonesia untuk mengkonsolidasikan rumah sakit yang dimiliki BUMN, PT Pertamina Bina Medika berdasarkan Surat Menteri BUMN Republik Indonesia No. S-736/MBU/12/2016 tanggal 21 Desember 2016 perihal Pembentukan Holding RS BUMN ditetapkan sebagai holding Rumah Sakit BUMN. Mulai 30 Maret 2017 hingga tahun 2018, Pertamedika telah menandatangani Perjanjian Kerjasama Pengelolaan Rumah Sakit Milik BUMN/ Anak Perusahaan BUMN dan/atau afiliasinya, antara lain dengan PT Cut Meutia Nusantara Medika, PT Tembakau Deli Medika, PT Sri Pamela Nusantara Medika, PT Prima Medica Nusantara, PT Nusa Lima Medika, PT Agro Medika Nusantara, PT Nusantara Medika Utama, PT Nusantara Sebelas Medika, PT Rolas Medika Nusantara, PT Pelindo Husada Citra, PT Prima Husada Cipta, PT RS Bakti Timah, PT RS Pelni, dan PT Krakatau Medika.

Awal tahun 2018 juga ditandai dengan alih kelola 3 RS Pertamina yaitu, RS Pertamina Cilacap, RS Pertamina Balongan dan RS Dumai. Hingga saat ini Pertamedika telah mengelola 13 RS Pertamina, 3 RS KSO dan 39 RS Milik BUMN.

Jaringan layanan kesehatan Pertamedika juga terus berkembang dan tidak terbatas pada rumah sakit dengan brand “RS Pertamina”, tetapi juga didukung oleh lebih dari 127 rumah sakit swasta dan klinik di seluruh wilayah Indonesia sebagai jejaring provider layanan kesehatan.



Visi
Membangun Korporasi Kesehatan Indonesia Untuk Mewujudkan Ketahanan Kesehatan Nasional

Misi

  1. Membangun kolaborasi ekosistem bidang usaha kesehatan
  2. Melakukan Aksi Korporasi terhadap bisnis health care Indonesia
  3. Memberikan Pelayanan Kesehatan dengan standar terbaik
  4. Menciptakan model bisnis baru integrasi data kesehatan berbasis digital

Tata Nilai & Budaya (6C) :
CLEAN : Dikelola secara professional, menghindari benturan kepentinga, tidak mentoleransi suap, menjunjung tinggi kepercayaan dan integritas. Berpedoman pada asas-asas tata kelola korporasi yang baik.
CONFIDENT : Berperan dalam mewujudkan ketahanan kesehatan nasional
COMMERCIAL : Menciptakan nilai tambah dan mengambil keputusan berdasar prinsip-prinsip bisnis yang sehat
COMPETITIVE : Mampu berkompetisi dengan sehat, mendorong pertumbuhan investasi, serta membangun budaya kendali mutu kendali biaya dan menghargai kinerja
CUSTOMER FOCUS : Memberikan pelayanan kesehatan dengan standar terbaik yang mengutamakan keselamatan pasien
CAPABLE : Dikelola oleh pemimpin dan pekerja yang professional serta berkomitmen dalam membangun inovasi dan pengembangan lainnya