The UPDATE permission was denied on the object 't_visitor_counter', database 'web', schema 'dbo'. Pertamedika Website

Selamat Datang di PT Pertamina Bina Medika

Telepon : (021) 7219031 / (021) 7219299
   Email : info@pertamedika.co.id

10 Tips Olahraga Waktu Puasa yang Menyehatkan

14 Mei 2019

1. Olahraga Sebelum Buka Puasa

Sesekali cobalah untuk ngabuburit dengan berolahraga. 1-2 jam sebelum waktu buka puasa tiba adalah waktu yang banyak dipilih oleh orang-orang yang sedang berpuasa untuk melakukan olahraga. Agar lebih seru, Anda bisa mengajak teman untuk berolahraga bersama. Olahraga yang biasa dilakukan sebelum waktu buka puasa adalah futsal, basket, atau golf.

2. Olahraga Sebelum Sahur

Jika Anda tak sempat untuk berolahraga sebelum buka puasa, cobalah untuk tidak melewatkan waktu olahraga sebelum sahur. Memilih berolahraga sesaat sebelum sahur memang lebih berat, karena Anda harus bangun lebih pagi. Namun, hal tersebut lebih baik dibanding menahan haus karena olahraga setelah sahur. Solusi agar tidak mengantuk, Anda bisa tidur lebih awal. Tidurlah setelah pulang tarawih dan hentikan kebiasaan begadang hingga larut malam. Olahraga yang kerap kali dilakukan sebelum waktu sahur adalah kardio di atas treadmill atau bersepeda.

3. Pangkas Waktu Olahraga

Anda Berapa lama waktu yang Anda habiskan untuk berolahraga dalam satu hari? 90 menit, 60 menit, atau 30 menit? Memasuki bulan puasa, Anda harus memangkas waktu olahraga Anda sehari-hari. Jika biasanya Anda berolahraga selama 60 menit, saat sedang puasa Anda cukup berolahraga selama 45 menit saja. Hal ini dilakukan untuk menjaga tubuh agar tidak terlalu letih.

4. Hindari Olahraga yang Bisa Membatalkan Puasa

Contoh olahraga yang bisa membatalkan puasaadalah berenang. Hindari olahraga ini saat sedang berpuasa. Mungkin Anda tidak menyadari bahwa air bisa saja tertelan saat Anda sedang berenang. Apabila Anda ingin berolahraga sebelum buka puasa, sebaiknya jangan memilih olahraga berenang.

5. Jangan Anggap Olahraga Sebagai Kewajiban

Salah satu tips olahraga waktu puasa yang harus Anda lakukan adalah rileks dan santai. Nikmati setiap olahraga yang Anda lakukan. Jangan pernah merasa bahwa olahraga adalah sebuah kewajiban, karena hal tersebut bisa membuat Anda terbebani. Saat bulan puasa, Anda tidak perlu berolahraga setiap hari jika memang tidak mampu. Lakukan olahraga sebisa Anda, entah itu 2 atau 3 hari sekali.

6. Pilih Tempat Olahraga yang Sejuk

Selama bulan puasa, tips olahraga waktu puasa dari Bacaterus ini menyarankan Anda untuk memilih olahraga di tempat yang sejuk, seperti pusat kebugaran, di bawah pohon yang rindang, dan tempat lain yang ber-AC. Tips ini dapat mencegah rasa haus yang berlebihan.

7. Jangan Berolahraga Sebelum Tidur

Ingatlah bahwa Anda harus bangun lebih pagi untuk sahur. Olahraga beberapa saat sebelum tidur bisa menyebabkan insomnia. Oleh karena itu, jangan berolahraga sebelum tidur. Tips ini juga berlaku pada hari-hari biasa. Jika ingin berolahraga, sebaiknya lakukanlah setelah bangun tidur.

8. Hidrasi Tubuh Saat Buka Puasa dan Sahur

Berolahraga pada saat puasa akan membuat cairan di dalam tubuh jadi berkurang secara drastis. Di hari-hari biasa Anda bisa langsung menenggak air putih setelah berolahraga, tetapi hal tersebut tidak berlaku pada saat Anda puasa. Agar tubuh tidak mengalami dehidrasi, penuhi kebutuhan cairan tubuh pada saat buka puasa dan sahur. Sepanjang malam, Anda bisa membantu proses hidrasi tubuh dengan mengkonsumsi air minum yang cukup, yakni 2 gelas saat buka puasa, 4 gelas saat malam hari, dan 2 gelas saat sahur. Cara ini cukup efektif untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi sehingga Anda tetap dapat berolahraga dengan penuh semangat.

Imbangi Olahraga dengan Makanan yang Tepat

9. Agar Anda tetap bisa berolahraga saat bulan puasa, pilihlan makanan yang tepat. Perbanyak konsumsi serat dan protein pada saat sahur. Makanan yang berprotein tinggi dapat menghasilkan cadangan energi agar Anda dapat melakukan olahraga saat puasa.

10. Pilih Olahraga yang Sesuai Kemampuan

Tips olahraga waktu puasa selanjutnya adalah pilih jenis olahraga yang sesuai dengan kemampuan Anda. Jika biasanya Anda sering mencoba olahraga-olahraga ekstrem yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya, hindari dulu kebiasaan tersebut. Lakukan saja olahraga yang sudah biasa Anda lakukan. etelah membahas 10 tips olahraga waktu puasa, Bacaterus juga ingin membagikan beberapa jenis olahraga yang aman dilakukan saat Anda sedang berpuasa. Olahraga ini tidak terlalu banyak menghabiskan energi sehingga Anda tidak cepat lemas ataupun dehidrasi.

a. Treadmill
Berlari di atas alat treadmill adalah jenis kegiatan berolahraga yang banyak dipilih oleh sebagian besar orang pada saat bulan puasa. Bacaterus menyarankan Anda untuk melakukan treadmill di tempat yang sejuk, seperti di pusat kebugaran yang ber-AC misalnya. Anda pun bisa melakukan kardio dengan alat treadmill ini.

b. Bersepeda
Jenis olahraga yang satu ini memang sangat dicintai oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Di hari minggu pada saat Car Free Day begitu banyak masyarakat Indonesia yang lebih memilih bersepeda dibandingkan lari atau jogging. Oleh karena itu, tak ada salahnya jika Anda memilih bersepeda sebagai olahraga yang dilakukan waktu puasa. Bersepeda santai bisa menjadi alternatif kegiatan olahraga yang dilakukan pada saat ngabuburit atau sebelum sahur. 

c. Yoga

Dewasa ini, olahraga yang satu ini memang sedang booming di Indonesia. Yoga adalah olahraga yang fleksibel dan bisa dilakukan di mana saja. Saat puasa, yoga dapat menjadi ide olahraga yang tidak terlalu berat. Anda bisa melakukan yoga di ruangan ber-AC atau ruangan yang sejuk di tempat tinggal Anda. Yoga juga bisa dilakukan pada saat sore hari sebelum buka puasa atau saat subuh sebelum sahur.

d. Jalan Santai

Jalan santai adalah olahraga yang paling sederhana. Anda tidak memerlukan keterampilan khusus atau alat tertentu untuk melakukan olahraga ini. Cukup dengan sepasang sepatu olahraga, Anda bisa berjalan santai menyusuri komplek tempat tinggal Anda. Jalan santai bisa dilakukan saat sore hari sebelum maghrib atau sebelum sahur. Ajak teman-teman yang lain untuk berlari pagi sebelum sahur, Anda dan teman-teman juga bisa berpartisipasi dengan warga sekitar untuk membangunkan sahur.

e. Menari
Olahraga yang satu ini sangat menyenangkan untuk dilakukan kapan saja, termasuk waktu puasa. Menari bisa membuat tubuh menjadi lebih bugar dan mempengaruhi suasana hati Anda. Pasang lagu favorit Anda dan mulailah menari mengikuti irama musik.

Sumber : berbagai Sumber