The UPDATE permission was denied on the object 't_visitor_counter', database 'web', schema 'dbo'. Pertamedika Website

Selamat Datang di PT Pertamina Bina Medika

Telepon : (021) 7219031 / (021) 7219299
   Email : info@pertamedika.co.id

5 Tips Mempersiapkan Tubuh Jelang Ramadan agar Puasa Lancar

22 Mei 2019

1. Kurangi Asupan Kafein

Bagi yang selama ini sudah sangat kecanduan mengonsumsi kafein, kini saatnya coba untuk lebih memperbanyak air putih. Perbanyak minum air putih untuk membantu sistem pencernaan serta memaksimalkan proses detoksifikasi, agar nantinya ketika puasa tubuh bisa terasa lebih ringan. Imbangi pula dengan mulai mengatur jadwal tidur yang lebih baik. Karena nanti kita perlu makan sahur dan bangun lebih pagi dari biasanya, perlu dimulai dari sekarang untuk membiasakannya.

2. Kurangi Konsumsi Makanan yang Kadar Gulanya Tinggi

Aneka makanan manis juga perlu dibatasi konsumsinya. Permen, cokelat, biskuit manis, dan minuman yang berpemanis pun perlu dikurangi. Coba ganti camilan bergula dengan buah yang lebih kaya serat, seperti buah apel dan buah pir. Setidaknya dengan cara ini akan membantu kita agar tidak gampang lapar saat puasa.


 3. Lakukan Olahraga Ringan pada Sore Hari

5 Tips Mempersiapkan Tubuh Jelang Ramadan agar Puasa Lancar

Sore hari coba luangkan waktu sekitar 30 menit untuk melakukan olahraga ringan. Dengan cara ini nanti kita akan terbantu untuk bisa lebih semangat menanti waktu berbuka puasa. Kebugaran tubuh bisa didapatkan dengan langkah sederhana seperti membiasakan jalan kaki santai atau sekadar melakukan gerakan yoga sederhana selama beberapa menit setiap harinya. Tubuh pun tidak akan gampang lemas.

4. Kurangi Kebiasaan Ngemil

Bila selama ini sering ngemil pada siang hari dan malam hari, kini saatnya untuk mulai menahan diri. Atur kembali pola makan yang lebih teratur. Supaya perut nanti "tidak kaget" merasakan lapar pada siang hari, perlu biasakan untuk tidak lagi ngemil pada siang hari.

5. Hindari Konsumsi Makanan Instan

Lebih baik perbanyak konsumsi buah dan sayur segar. Mengonsumsi hidangan yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh seperti sup daging ayam dan olahan brokoli juga bisa dilakukan. Yang perlu dikurangi adalah konsumsi makanan instan. Yang terlalu pedas dan terlalu asam pun sebaiknya dibatasi.

Sebenarnya tidak terlalu sulit kok untuk mempersiapkan tubuh agar kuat menjalani puasa sebulan penuh pada bulan Ramadan. Jangan lupa untuk selalu mengazamkan niat puasa dengan sebaik mungkin supaya pahala puasa bisa kita dapatkan sempurna.

Sumber : berbagai sumber