Selamat Datang di PT Pertamina Bina Medika

Telepon : (021) 7219031 / (021) 7219299
   Email : info@pertamedika.co.id

7 Manfaat Prenatal Yoga Bagi Ibu Hamil

01 Juli 2019

 

1. Membantu tubuh untuk tetap sehat, kuat, dan aktif

Di masa kehamilan, tubuh mengalami perubahan yang cukup drastis, baik secara fisik, hormonal maupun emosional. Hormon seperti estrogen, progesteron, prolaktin, relaxin, dan oksitosin meningkat tajam dan mengubah tubuh. Berlatih prenatal yoga bisa membantu  untuk beradaptasi secara konsisten terhadap perubahan tubuh. Selama 9 bulan, area tubuh bawah akan membawa beban yang lebih berat karena pertumbuhan bayi. Banyak gerakan yoga yang akan membantu tetap sehat dan kuat, dan di saat yang sama membantu merasa rileks menjalani masa kehamilan.

2. Belajar teknik pernapasan lebih baik

Berlatih teknik pernapasan akan memberikan efek baik tak hanya bagi fisik namun juga bagi mental ibu. Di masa kehamilan, sering kali perubahan hormon yang terjadi tidak hanya mempengaruhi  fisik namun juga membuat emosi atau mood  naik turun tanpa alasan. Atau, merasakan kekhawatiran yang berlebihan dan terkadang membuat pasangan  kebingungan.

Bila ibu bisa bernapas lebih baik, hal ini bisa membantu mengontrol emosi selama kehamilan. Dengan prenatal yoga, berlatih teknik pernapasan juga akan meningkatkan kualitas napas dan memaksimalkan asupan oksigen yang ibu bagi dengan sang jabang bayi selama kehamilan. Tak hanya itu saja, dalam proses kelahiran bayi, bernapas yang baik akan membantu mengurangi atau mengontrol rasa sakit selama proses kontraksi. 

3. Membantu meningkatkan keseimbangan tubuh dan mengurangi sakit pinggang

Masalah umum yang sering dialami ibu hamil biasanya adalah kehilangan keseimbangan tubuh, dan pertumbuhan bayi dalam rahim yang juga sering mengakibatkan sakit pinggang berkepanjangan. Banyak gerakan prenatal yoga yang akan membantu sirkulasi tubuh, melatih keseimbangan tubuh, dan membantu merenggangkan otot pinggang.

4. Melatih diri dan mempersiapkan area pinggul untuk proses melahirkan

Banyak postur dalam prenatal yoga yang ditujukan untuk membantu mempersiapkan otot-otot di area pinggul lebih lentur dan fleksibel untuk proses melahirkan. Beberapa postur seperti squat atau jongkok, biasanya dilatih berulang kali untuk membantu membuka area pinggul dan pelvis. Tak hanya latihan fisik, sering kali juga ada penggabungan persiapan mental, misalkan berlatih cara-cara memadukan napas dengan postur dan mengontrol rasa sakit saat proses kontraksi. Hal ini tentu sangat bermanfaat untuk persiapan melahirkan secara normal.

5. Membantu relaksasi dan melatih diri lebih mudah beristirahat

Di masa kehamilan, biasanya seorang ibu punya kecenderungan merasa cemas sepanjang waktu. Intuisi sebagai calon Ibu membuat tak bisa berhenti memikirkan perkembangan bayi Anda, persiapan melahirkan, atau bahkan semudah memilih makanan bernutrisi pun menjadi kekhawatiran. Selain membuat was-was dan tak nyaman, perasaan cemas ini bisa menyebabkan sering sulit tidur. Tak hanya rasa cemas, saat memasuki trimester ketiga kehamilan , sulitnya memilih posisi tidur juga bisa menjadi penyebab utama insomnia datang.

Berlatih prenatal yoga secara rutin bisa memiliki peran besar untuk membantu  lebih tenang dan lebih rileks di kala rasa cemas tiba-tiba muncul. Juga bisa menghalau insomnia dengan mempraktikkan pose relaksasi atau savasana yang biasa dilatih di penghujung kelas yoga sembari mendengarkan musik yang biasa diputar di kelas yoga

6. Menjalin ikatan mendalam dengan jabang bayi

Saat berlatih yoga hamil, banyak sekali gerakan yang membuat bayi merasa nyaman, dan sering kali juga instruktur mengajarkan cara-cara berkomunikasi dengan bayi, misal mengusap perut sebelum memulai yoga dan  memberitahukan bayi bahwa ibu dan jabang bayi akan bergerak bersama. Hal ini membuat lebih nyaman saat berlatih dan juga membuat lebih terbiasa berkomunikasi dengan bayi .

7. Sosialisasi dengan ibu hamil lainnya

Datang khusus ke studio dan berlatih prenatal yoga bisa dijadikan ajang sosialisasi dengan ibu hamil lainnya. Tak hanya bertukar informasi seputar perubahan tubuh,  juga bisa bertukar info seputar rumah sakit, dokter kandungan, bahkan sampai jenis popok bayi yang baik dan tepat untuk dibeli bagi bayi . Ibu bisa membuat grup di aplikasi online messaging dan bisa berlanjut dengan bertemu rutin di luar ruang kelas. Tetap sehat dan aktif sembari menambah teman baru.

Sumber : berbagai sumber